oleh

VIRAL! Langit Tokyo Jepang Diselimuti Awan Pelangi

DEMOKRASI.CO.ID – Fenomena aneh kembali terjadi di Tokyo, Jepang. Sebuah fenomena yang sering disebut dengan ‘awan pelangi’ belum lama ini terlihat di langit Tokyo.

Seperti dilansir dari laman OddityCentral, kejadian ini terjadi pada Jumat (26/6/2020) lalu.

Dimana dalam foto yang beredar tersebut terlihat awan berwarna-warni di langit. Warganet pun membagikan fenomena langka tersebut di media sosial Twitter.

Tak seperti awan biasa yang berwarna putih, awan tersebut malah nampak layaknya sebuah pelangi yang memiliki beragam warna. Akan tetapi, fenomena optis ini lebih dekat dengan halo es daripada pelangi.

Usut punya usut fenomena ini dinamakan Circumhorizontal Arc.

Fenomena awan multicolor ini juga dikenal dengan nama ‘fire rainbow’ karena terkadang terlihat seperti warna-warni yang menyala di langit.

【関東上空 虹色の雲が出現中🌈】
東京や神奈川では、南の空にきれいな虹色の雲が見えているところがあります。
この現象は「環水平アーク」と呼ばれ、氷の粒で出来た薄い雲によって太陽光が屈折することで虹色に見えています。https://t.co/Vhv5S45ykX pic.twitter.com/bm6nY9hGaY

— ウェザーニュース (@wni_jp) June 26, 2020

Ketika matahari melewati awan cirrus dengan lebih banyak “Kristal es” di langit atas, ia menghasilkan 58 derajat setelah pembiasan.

Sehingga awan-awan itu akan nampak seperti pelangi yang terbakar di langit.

Fenomena ini sebenarnya umum di beberapa negara seperti Amerika Serikat, di mana awan tersebut akan muncul setiap musim panas.

Sedangkan untuk orang-orang yang tinggal di kawasan Eropa Utara, hal ini akan jarang dialami. Jadi jangan heran ya tipstrenners!

Baca :  Viral Video Kakek Shalat Id Pakai Seragam SMA, Ceritanya Bikin Haru

Komentar

News Feed