oleh

Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Belasan Warga Israel Alami Lumpuh Wajah

DEMOKRASI News – Israel telah mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warganya. Adapun vaksin yang digunakan adalah vaksin buatan Pfizer-BioNTech. Namun, usai disuntik, sebanyak 13 orang warga Israel mengalami kelumpuhan wajah ringan sebagai efek samping.

Mengutip dari situs berita Israel, Ynet, Rabu (20/1/2021), dokter memperkirakan jumlah kasus serupa bisa lebih tinggi. Dokter tersebut kemudian mempertanyakan, apakah tim medis harus memberikan dosis kedua dari vaksin tersebut, kepada mereka yang mengalami kelumpuhan wajah.

Pun, melansir dari Sputniknews, Kementerian Kesehatan Israel merekomendasikan agar mereka tetap melanjutkan penerimaan vaksin. Syaratnya, jika kelumpuhan wajah tersebut telah sembuh.

Pemerintah Israel sebelumnya menandatangani kesepakatan dengan Pfizer dan BioNtech pada November lalu untuk mendapatkan 8 juta dosis vaksin COVID-19. Lebih dari 20 persen dari 9 juta warga Israel telah menerima dosis vaksin pertama, sejak peluncuran dimulai.

Baca :  Vaksin Covid-19 Digratiskan, PDIP: Terima Kasih Jokowi

Setidaknya dua orang lanjut usia dengan kondisi kronis meninggal dunia setelah menerima suntikan vaksin COVID-19 di Israel.

Sementara itu, pada Sabtu, Epoch Times melaporkan, mengutip data dari Vaccine Adverse Event Reporting System (VAERS), 55 orang di Amerika Serikat telah meninggal dunia setelah menerima vaksin Moderna atau Pfizer/BioNTech.

Komentar

News Feed