oleh

Tanpa Gambar Anak Timur, Arie Kriting Kritik Karikatur Hari Anak Nasional Milik TVRI

DEMOKRASI.CO.ID, JAKARTA – KOMIKA Arie Kriting menumpahkan uneg-uneg setelah melihat karikatur di flyer TVRI bertepatan dengan Hari Anak Nasional 2020.

Dimana lewat akun Twitter TVRI, Kamis (23/7/2020) menuliskan ucapan selamat HAN dengan mengunggah satu gambar berisi enam anak-anak Indonesia menggunakan masker.

Anak-anak itu terlihat mewakili beberapa suku di Indonesia, diantaranya Jawa, Padang dan juga Madura dan lainnya.

“Selamat HARI ANAK NASIONAL 23 Juli 2020. Anak Indonesia adalah anak yang menghargai keragaman, kebersamaan, dan perbedaan. Lindungi dan bina masa depan mereka dengan pendidikan terbaik,” demikian cuitan TVRI.

Hal ini memicu reaksi Arie Kriting. Dia menyoroti karikatur HAN versi TVRI itu tidak ada gambar anak berkulit hitam dan berambut keriting, ciri khas anak dari Timur, seperti dirinya.

“Sorry nih, cuma mau ngabarin kalau anak Indonesia yang kulit hitam dan rambut keriting tidak bisa ikut nampil di gambar “menghargai keberagaman, kebersamaan dan perbedaan” ini ya,” kritiknya.

“Lagi belum balik dari pengungsian di gunung dan pedalaman. Doakan tahun depan bisa ikutan,” lanjutnya.

Tweet Arie ini banyak diamini penggunana Twitter lainnya, dan mempertanyakan hal yang sama. Namun, ada juga yang menyayangkan sikap Arie. Karena di gambar itu banyak juga suku di Indonesia yang belum terwakilkan oleh Tweet TVRI itu.

“@Arie_Kriting, Tapi harusnya cara pikirnya gak gitu sih, ujungnya salah²han ini mah,” tulis @GhalangYusron

“Loh harusnya gimana dong? Itu saya ngasih tau aja, biar enggak bertanya-tanya netizen, kenapa kok enggak ada anak Timur di situ,” balas Arie.

Baca :  Akui Takut Kritik Pemerintah Sekarang, Abdurrahim Arsyad Bandingkan di Era SBY

Komentar

News Feed