oleh

Tak Main-main, Pakar Inetlijen Bongkar Modal Komjen Sigit Jadi Kapolri

DEMOKRASI News – Selangkah lagi Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan segera pensiun. Terkait hal itu, pengamat intelijen membongkar modal yang sudah dikeluarkan oleh Komjen Sigit sehingga mulus menjadi Kapolri.

Adapun modal tersebut merupakan kemampuan dan integrasi yang dimiliki dan dikenal banyak orang selama menjalankan tugas di Kepolisian Republik Indonesia.Modal jadi Kapolri di mata pengamat dunia intelijen Susaningtyas NH Kertopati, menilai jika calon kapolri tersebut telah memenuhi syarat strategis untuk menduduki posisi Bhayangkara 1.

“Komjen Listyo Sigit memiliki modal atas sikap rendah hati dan pandai mendengar akan membantunya dalam melaksanakan tugas sebagai Kapolri nantinya,” katanya, Rabu (20/1/2021).

Modal yang kini dimilikinya tersebut juga disebut dengan adanya satu masalah yang ada pada calon Kapolri yakni masa pensiun yang masih panjang. Karenanya baik bagi dirinya, untuk bisa merangkul senior maupun juniornya.

Sebagai kandidat calon Kapolri pilihan Presiden Jokowi, Komjen Listyo Sigit, menurut Susaningtyas harus memiliki sikap profesionalisme dan mengikuti trend kejahatan atau gangguan keamanan. Tak hanya itu tuntutan yang harus dipenuhi yakni memahami hukum dan regulasi.

“Kejahatan dan gangguan keamanan kian hari kian canggih dan terus dimodifikasi, termasuk kejahatan jalanan. Kapolri harus mengikuti perkembangan ini. Syarat berikutnya, ia tidak berpolitik tapi paham perkembangan politik.” katanya.