oleh

Tak Dikeluarkan PAN, Amien Rais Berbohong?

DEMOKRASI.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan Amien Rais masih menjadi bagian dari PAN. Hal itu pula untuk membantah pernyataan Amien Rais yang mengaku sudah dikeluarkan dari PAN karena tak mendukung pemerintahan Jokowi.

Mendengar keterangan yang disampaikan Viva Yoga Mauladi, apakah Amien Rais berbohong, atau malah sebaliknya?

“Mana mungkin Pak Amien Rais dikeluarkan dari PAN? Pak Amien adalah tokoh reformasi, salah satu pendiri PAN, pernah menjadi Ketua Umum PAN, dan menjadi personifikasi bahwa PAN itu Amien Rais, Amien Rais itu PAN,” katanya seperti dikutip dari detikcom, Kamis (23/7/2020).

Lebih lanjut dia juga menegaskna bahwa Ketum PAN Zulkifli Hasan tidak pernah berpikir untuk mengeluarkan Amien dari partai. Juru bicara PAN itu menyebut tidak ada kebijakan DPP PAN yang menginginkan Amien keluar dari partai yang didirikannya itu.

Baca :  Gatot Nurmantyo Batal Hadir Di Deklarasi KAMI

“Tidak ada sikap dan pemikiran Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk mengeluarkan Pak Amien Rais dari PAN. Tentu saja juga tidak ada kebijakan pengurus DPP PAN yang menghendaki Pak Amien Rais keluar dari PAN. Kalau ada berita yang menyatakan bahwa Pak Amien Rais telah dikeluarkan dari PAN, itu berita tidak benar dan menyesatkan,” tegasnya.

Viva mengatakan Amien Rais masih menjadi bagian dari PAN. Dia juga meragukan mantan Ketua MPR itu keluar dari PAN lalu mendirikan partai baru untuk melawan PAN.

“Sampai hari ini Pak Amien Rais masih milik PAN. Dan saya meragukan jika Pak Amien Rais akan mendirikan partai politik baru,” tuturnya

Baca :  Kata Luhut, Ideologi Komunis China Berhasil Memberantas Kemiskinan & Mempersatukan Rakyat

Viva juga merespons kritik Amien Rais soal merapatnya PAN kepada pemerintahan. Viva lalu menjabarkan para politikus PAN yang pernah menjadi menteri di kabinet pemerintah, dari Hatta Rajasa, Zulkifli Hasan, Patrialis Akbar, hingga Asman Abnur.

“Dari relasi PAN dan kekuasaan seperti itu, sudah tergambarkan dengan jelas bagaimana posisi politik PAN. PAN ke Istana Presiden tidak dalam rangka mengemis kekuasaan. PAN bertemu dengan Presiden di Istana untuk menyambung rasa silaturahmi karena ada acara pelantikan pengurus DPP PAN yang rencananya akan dihadiri Presiden, karena pandemi COVID-19 sehingga acara pelantikan disederhanakan dengan protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19,” jelas Viva.

Viva menjelaskan bahwa dialog PAN dengan Jokowi tak punya tujuan lain selain membangun kekuatan menghadapi krisis.

Baca :  Ramai PAN Reformasi, Amien Rais Segera Angkat Bicara

“Sebagai partai yang lahir dari rahim reformasi, PAN tetap konsisten memperjuangkan kehidupan demokrasi di Indonesia. Konsistensi perjuangan itu tidak ditentukan oleh posisi politik, apakah PAN ada di dalam atau di luar pemerintahan. PAN akan tetap bersikap kritis konstruktif terhadap kekuasaan melalui fungsi pengawasan di lembaga legislatif,” ujar Viva.

Amien Rais dalam sebuah diskusi mengaku sudah dikeluarkan dari PAN. Amien menyebut alasannya dikeluarkan karena tak mendukung pemerintahan Jokowi.

“Kemudian saya tidak di PAN sama sekali. Saya sudah dikeluarkan anak buah saya, karena berbeda prinsipnya,” kata Amien.

Komentar