oleh

Rizal Ramli Prediksi Krisis Ekonomi RI 2021 Jauh Lebih Besar dari 1998

DEMOKRASI News – Prediksi berbasis data dan fakta atau ramalan yang dikeluarkan Tokoh Nasional yang juga Ekonom Senior, Rizal Ramli sebelum krisis 1998 nyaris terbukti semuanya.

Ramalan mantan Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu, pada tahun 2021 ini disebutkan ekonomi Indonesia masih akan mengalami krisis yang jauh lebih besar dari tahun 1998 apabila tidak segera diantisipasi.

RR -sapaan akrabnya- menceritakan, saat tahun 1996 dirinya pernah megeluarkan sekitar 150 halaman buku yang berisi prediksi bahwa akan mengalami krisis besar.

Kala itu, RR mengulas tentang angka dan simulasi kondisi krisis besar itu.

Mantan Kepala Bulog itu, bercerita bahwa saat itu banyak analis baik dari dalam dan luar negeri yang mengatakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia baik-baik saja.

Baca :  ICW Ngaku Syok Dengar Pidato Kenegaraan Jokowi di MPR: Faktanya Omong Kosong Belaka

“Ternyata apa yang saya ramalkan 2 tahun sebelumnya terjadi nyaris sama,” ujar RR saat menjadi narasumber dalam diskusi daring Pergerakan Indonesia Maju (PIM) bertajuk “Outlook 2021: National Economic Outlook” pada Kamis (14/1).

Dijelaskan RR, pada tahun 2021 ia memprediksi kondisi ekonomi Indonesia akan jauh lebih serius ketimbang tahun 1998.

“Kali ini tahun 2021 kami katakan mohon maaf, ekonomi Indonesia akan mengalami krisis yang jauh lebih serius dibandingkan dengan tahun lalu,” imbuhnya.

Rizal mengatakan, tahun pada Oktober 1996 pihaknya sudah memprediksi Indonesia akan mengalami krisis dan dibantah oleh berbagai kalangan. Namun, ramalan RR dua tahun sebelumnya terjadi semuanya.

Komentar

News Feed