oleh

Rencana PSI Interpelasi Anies soal Banjir Tak Laku di DPRD DKI Jakarta

DEMOKRASI News – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mewacanakan bakal menggulirkan hak interpelasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akibat banjir yang melanda sebagian wilayah Ibu Kota akhir pekan lalu.

PSI ingin mendapat penjelasan dari Anies terkait belum maksimalnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menangani banjir.

“PSI akan menggunakan hak interpelasi terkait permasalahan pencegahan banjir di masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan. PSI menilai Pak Anies tidak menjalankan berbagai aturan yang berlaku [terkait penanganan banjir],” kata Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Justin Untayana, Kamis (25/2).

Sesuai tata tertib di DPRD, hak interpelasi dapat diusulkan paling sedikit 15 anggota DPRD dan lebih dari satu fraksi. Artinya, PSI tidak bisa sendiri dalam menggulirkan wacana hak interpelasi itu.

Baca :  Andi Arief: Pemanggilan Anies Baswedan Oleh Polda Metro Jaya Tidak Wajar

Justin mengatakan bakal secara resmi membuka komunikasi dengan fraksi lain di DPRD DKI mengenai wacana hak interpelasi ini. Pimpinan DPW PSI DKI juga sudah berkomunikasi dengan DPW partai lainnya terkait wacana hak interpelasi.

Namun, sebagian besar fraksi di DPRD DKI Jakarta justru tidak mendukung wacana hak interpelasi terhadap Anies. Lima fraksi; Golkar, PKS, PKB-PPP, PAN, dan Gerindra menyatakan tidak menyokong wacana hak interpelasi.

Ketua Fraksi Golkar Basri Baco mengatakan, saat ini menurutnya yang terpenting adalah membantu warga yang terdampak banjir. Basri justru menuding PSI tengah mencari panggung dalam kesempatan ini.

“Golkar tidak akan dukung, kan sudah jelas dalam APBD kita anggaran banjir sudah dialokasikan, dan sekarang baru awal tahun, belum bisa dikerjakan semua. Ini orang belum kerja kok sudah minta interpelasi, mau cari panggung tapi objektif lah,” kata Basri seperti melansir cnnindonesia.

Baca :  Pembuat Parodi Indonesia Raya Masih Muda, Eddy Soeparno Siap Jadi Fasilitator Kuatkan Rasa Nasionalisme

Ketua Fraksi PKS, Mohammad Arifin juga menuding PSI sekadar pencitraan terkait hak interpelasi terhadap Anies. Tindakan PSI juga dianggap cenderung apriori terhadap keberhasilan Anies mengatasi banjir yang menurutnya justru harus diapresiasi.

Komentar

News Feed