oleh

Punya Dua Ujian Berat, Amien Rais Sarankan Jokowi Mundur atau Putar Haluan

DEMOKRASI News – Mantan Ketua MPR, Amien Rais memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan tentang kenapa saat ia menulis atau membuat video sering secara khusus mengarah kepada Presiden Jokowi. Dalam memberikan kritik dan koreksi pada berbagai bidang kehidupan, Amien mengaku akan langsung mengarahkannya kepada Presiden Jokowi.

Mengacu pada undang-undang Republik Indonesia, Amien Rais menyampaikan pada BAB III yang berjudul Kekuasaan Pemerintahan Negara, itu sepenuhnya menyangkut otoritas presiden. Ada 16 pasal semuanya mengenai Presiden dan Wakil Presiden diatur secara rinci, lengkap dan panjang lebar. Sebab, dalam sistem kenegaraan di Indonesia kekuasaan apa pun yang ada semua kembali kepada presiden.

“Satu sebab pokok itu, saya memahami mengapa presiden diberi kewenangan otoritas kekuasaan yang demikian luas sekali,” terang Amien.

Baca :  Prihatin Kebangkitan Komunis, Presidium KAMI Surati Presiden Jokowi, Layangkan 3 Tuntutan

Supaya pemerintahan lebih efektif, presiden menjadi kepala negara sekaligus kepala ekselutif. Karenanya, jika ia mengarahkan kritik dan sebagainya langsung kepada presiden. Menurutnya juga memang sudah harusnya seperti itu. Amien tidak ingin membuang tenaga untuk menyampaikan koreksi kepada pihak kementerian satu per sau. Ia memilih untuk menyampaikan kritiknya langsung kepada presiden yang memiliki kekuasaan atas seluruhnya.

Mantan Ketua Umum Ormas Muhammadiyah ini menegaskan jika ia tidak memiliki masalah tersendiri dengan Jokowi. Dalam QS Al-Maidah ayat 8 disampaikan agar orang-orang beriman menegakkan keadilan karena Allah dan jangan sampai kebencian kepada suatu kaum mendorong untuk melakukan hal yang buruk. Sesuai dengan perintah al-qur’an Amien menyebutkan jika mengkritik karena benci adalah dilarang.

Baca :  Viral Video TikTok Hina Jokowi-Puan Maharani, Ini Respons Polri

Komentar

News Feed