oleh

Perdebatan Logo HUT RI, Ali Ngabalin: Nanti Ada Persimpangan Dekat Rumah, Kau Bilang itu Salib

DEMOKRASI.CO.ID – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin memberikan maklumat terkait beredarnya Logo HUT RI tahun 2020 yang dinilai mirip simbol salib.
Perdebatan Logo HUT RI, Ali Ngabalin: Nanti Ada Persimpangan Dekat Rumah, Kau Bilang itu Salib

Lewat sebuah video yang diunggahnya di akun Twitter @AliNgabalin1, Minggu (16/8), dia mengklarifikasi logo HUT ke-75 RI itu adalah desain asli dan sebuah karya seni, bukan salib.

“Logo ini murni dan asli, bukan salib. Ini adalah sebuah karya seni yang dibuat dan dilakukan oleh teman-teman, anak-anak Indonesia yang memiliki kemampuan karya seni yang luar biasa,” ucap Ngabalin dalam video tersebut.

Baca :  Jokowi Soroti Peran PBB dalam Perdamaian Dunia: Apakah Dunia yang Kita Impikan Itu Sudah Tercapai?

Dia berpesan agar logo itu harus dilihat dari sisi keindahannya, dari kebersamaan yang dibangun. Kemudian jauhkan dari pikiran-pikiran penuh dengan kecurigaan, kebencian.

Menurut Ngabalin, apa yang dibangun melalui logo itu adalah spirit untuk mendorong komitmen dari nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai luhur kebersamaan, semangat kebinekaan dan persatuan di usia NKRI ke 75 tahun.

“Jadi semua diksi dan narasi yang menyesatkan umat dan rakyat itu tidak boleh lagi beredar di mana-mana. Saya perlu melakukan klarifikasi ini supaya tidak boleh lagi ada yang memberikan satu nilai tersendiri atau pengertian bahwa logo ini berbentuk salib,” tegasnya.

Dia pun memberi maklumat agar saudara-saudara Muslim jangan mengganggu suasana batin dari saudara-saudara dari umat Nasrani. Sebab, di Indonesia ada beragam agama yang dianut masyarakat.

Spanduk HUT Kemerdekaan RI yang disebut ada simbol mirip salib. Foto: Instagram Aagym

“Kita punya negeri ini, kita hidup sama-sama. Kita harus menentang yang namanya intoleransi. Dari semangat kebersamaan itu menjadi penting,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri maklumat itu, Ngabalin juga memperlihatkan bentuk Logo HUT RI resmi yang keluar dari Kantor Staf Presiden.

“Coba lihat, kalau dia dalam bentuk horizontal, seperti ini. Tetapi kalau anda jadikan dia dalam bentuk vertikal, nah pasti berbentuk seperti yang ada di kepalamu (salib-red). Gitu lho. Jangan begitu,” pintanya.

Maka dari itu, kata Ngabalin, semangat kebersamaan harus dibangun. Apalagi dalam suasana pandemi Covid-19, imunitas diri harus dijaga jangan sampai turun.

“Saya mau bilang juga, jangan-jangan nanti ada perempatan jalan, persimpangan di dekat rumahmu kau bilang lagi itu bentuk salib. Jangan kau jalan di atas salib itu, jalan itu, karena dia berbentuk salib,” tandasnya.[]

Komentar

News Feed