oleh

Penyelam TNI AL Temukan Turbin Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

DEMOKRASI News – Upaya pencarian bangkai pesawat Sriwijaya Air SJ 182 maupun para penumpang oleh tim gabungan dan kru pesawat terus membuahkan hasil.

Kali ini, satu turbin milik pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan. Turbin tersebut ditemukan penyelam TNI Angkatan Laut di sekitar lokasi jatuhnya pesawat di perairan Kepulauan Seribu, Minggu (10/1/2021).

Mayor Laut (P) Orri Kaufmann R selaku Kommandan KRI Cucut—kapal pengangkut turbin ke JICT II—mengatakan turbin tersebut ditemukan melalui deteksi sonar tiga dimensi dari KRI Rigel pada Minggu sore.

“Yang sebelumnya telah dilaksanakan pencarian menggunakan sonar tiga dimensi yang digunakan oleh KRI Rigel. Kurang lebih pukul 16.00 WIB puing tersebut dapat dievakuasi dan diserahkan pada KRI Cucut,” kata Orri di Posko Terpadu JICT II, Minggu (10/1/2021) malam.

Turbin pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dipindahkan dari KRI Cucut ke Posko Terpadu JICT II, Minggu (10/1/2021) malam. [Suara.com/Novian Ardiansyah]

Adapun turbin Sriwijaya Air SJ 182 dibawa KRI Cucut ke Posko Terpadu JICT II sekitar pukul 22.19 WIB.

Baca :  Dikatai Bencong dan Tidak Berguna oleh Kapolres, Kasat Sabhara Polres Blitar Mengundurkan Diri

Dari KRI Cucut, turbin kemudian diangkut menggunakan forklift ke area peletakan serpihan pesawat untuk diserahkan ke Basarnas.

Dari pantauan Suara.com, turbin yang bewarna hitam tersebut tampak hangus disertai bentuknya yang penyok.

Menerima turbin dari KRI Cucut, Direktur Opersional Basarnas Brigjen (Mar) Rasman kemudian menyerahkan lagi kepada KNKT dan DVI Polri.

Rasman berujar serpihan pesawat berupa turbin pesawat Sriwijaya Air SJ 182 itu sangat membantu proses penyelidikan.

“Serpihan yang sangat membantu dalam melaksanakan penyelidikan,” kata Rasman.[Sc]

Komentar

News Feed