oleh

PAN Merapat ke Koalisi Putra Presiden Jokowi di Pilkada Solo

DEMOKRASI.CO.ID – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) memerintahkan kepada DPD PAN Kota Surakarta untuk merapat ke koalisi putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Hari ini, Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakosa resmi diusung oleh PDIP untuk bertarung di Pilkada Solo.

Ketua DPD PAN Kota Surakarta Achmad Sapari mengatakan, DPD PAN Kota Surakarta pada Pileg 2019, mendapatkan sekitar 21.671 suara dengan merebut tiga kursi anggota DPRD Solo. PAN mendukung Gibran-Teguh dengan alasan perpaduan anak muda yang energik dan didampingi orang berpengalaman, sehingga saling sinergi untuk membangun Kota Surakarta.

“Kami ikut mendukung atau mengusung pasangan yang mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP nanti akan dilakukan pendekatan dengan partai. Yang terpenting Kota Surakarta Pilkada 2020 tetap tentrem, ayem, tidak ada masalah tujuan kami sama-sama sebagai orang partai untuk masyarakat adil, makmur dan sejahtera Kota Surakarta,” kata Sapari, Jumat (17/7).

Baca :  Kemenangan Evi Ginting, Preseden Buruk Istana

Sekretaris DPD PAN Kota Surakarta Dedi Purnomo mengatakan, DPD PAN bersama DPC PDIP sudah melakukan pendekatan lebih kepada unsur kepartaian awalnya. Sehingga, PAN mengamankan apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama antara partainya dan PDIP, dimana juga mentaati azas dan proses pencalonnya itu sendiri.

DPC PDIP Kota Surakarta awalnya yang memunculkan nama pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa (Puguh), disepakati. Namun, dinamika politik yang ada diinternal dan berimbas ke eksternal akhirnya memberikan pemikiran-pemikiran berubah sesuai situasi yang signifikan, dimana pada akhirnya yang mendapat rekomendasi pasangan Gibran-Teguh.

Sementara Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah Umar Hasyim mengatakan dirinya hadir di Solo, untuk memenuhi undangan dari DPD PAN Surakarta menjelang Pilkada 2020 Surakarta. Menurut Umar Hasyim Pilkada Surakarta ini, petanya sudah sangat jelas setelah DPP PDIP memberikan rekomendasi kepada bakal calon pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

Baca :  Dokter Tirta: Kerumunan Habib Rizieq Ditegur, tapi Gibran Tidak

“Hal ini, kami selaku kader PAN mengingatkan DPD yang melakukan pendekatan dengan partai pengusung utama, yakni PDIP, yang hasilnya segera dirapatkan pleno yang diperluas dengan mengundang DPW PAN Jateng untuk menetapkan langkah politik,” kata Umar.

Menurut dia, dari hasil rapat pleno bersama DPW kemudian dibawa ke DPP untuk mendapatkan surat keputusan (SK), hal ini, mekanisme yang berlaku di PAN. Sehingga, hasil pendekatan dengan PDIP sudah penyepakati apakah sebagai partai pengusung atau pendukung agar nanti dibicarakan secara detail dengan partai pengusung utama yakni PDIP.

Meskipun, dari Ketua DPP PAN sudah menginstruksikan untuk mendukung pasangan yang diusung PDIP, tetapi tetap mekanisme itu harus ditempuh. Sehingga, menjadi keputusan partai dan di dalam perjalanan dapat seiring sejalan apa yang menjadi keputusan masing-masing tingkatan tersebut.

Baca :  TOK! PSI Resmi Dukung Gibran di Pilkada Solo 2020

“DPP Insya Allah memberikan SK untuk DPD mendukung pasangan Gibran-Teguh, apabila yang dicalonkan sesuai apa yang menjadi harapan DPP, sehingga direkomendasi,” tuturnya. (Aza/Ant)

Komentar

News Feed