oleh

Mendadak, Habib Rizieq Antar Surat ke Bima Arya, Isinya Buat Bima Lapor Polisi

DEMOKRASI News – Habib Rizieq Shihab (HRS) secara mendadak mengantarkan surat kepada Walikota Bogor Bima Arya, Sabtu sore (28/11/2020). Isinya membuat Bima Arya melapor ke polisi.

Surat itu ditandatangani langsung Habib Rizieq dan diantarkan langsung ke Bima Arya lewat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno.

“Baru saja 15 menit yang lalu, saya menerima surat pernyataan yang ditandatangani oleh Habib Rizieq. Yang menyatakan bahwa beliau tidak mengizinkan hasilnya untuk diketahui oleh Pemerintah Kota,” kata Bima pada wartawan di Pendopo Katulampa, Sabtu sore.

Bima Arya menyebut, saat musyawarah antar keluarga dan Satgas Covid 19 Kota Bogor Jumat malam lalu, sudah disepakati akan keterbukaan hasil tes PCR untuk Habib Rizieq.

Baca :  Polisi Mau Panggil Sosok Cowok di Video Seks Mirip Gisel, Siapa?

Bahwasanya, pihak RS Ummi dan keluarga HRS, sama-sama percaya dengan hasil tes swab yang dilakukan oleh MER-C

Satgas Covid 19 Kota Bogor juga akhirnya sepakat, namun dengan catatan diperjelas proses swab dan lembaganya itu sendiri.

Atas ketidakterbukaan Habib Rizieq itu, kata Bima Arya, satgas mengambil langkah selanjutnya. Yang sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.

“Kita akan melangkah sesuai dengan kewenangan kita. Dan selanjutnya tentunya kita akan masuk ke wilayah hukum juga,”jelasnya.

“Berdasarkan kewenangan kita, berdasarkan aturan kita, apa kemudian yang bisa kita lakukan,” ketusnya.

Alasan privasi menurut Bima Arya, wajar dilakukan Habib Rizieq. Namun kordinasi, sinergi, dan kolaborasi itu tak kalah pentingnya.

Baca :  Sebanyak 16 Tenaga Kesehatan RSUD Arifin Achmad (AA) Pekanbaru Positif Covid-19

Orang melaksanakan tes swab itu tiga alasannya. Pertama karena memang ada gejala. Kedua karena ada riwayat kontak erat. Ketiga karena akan dilakukan tindakan medis.

“Dua hal itu terpenuhi, ada kontak erat dan dalam sedang proses observasi,” urainya.

Sebelumnya Kuasa Hukum Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar mempertanyakan urgensi dilakukannya swab test ulang yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor kepada Habib Rizieq beserta keluarganya.

Menurut Aziz permasalahan kesehatan permasalahan kemanusiaan ini dipolitisasi dan dimanfaatkan kepentingan- kepentingan apalagi unsurnya kebencian dan ketidaksukaan.

“Artinya kenapa ini getol banget khusus untuk Habib Rizieq. Ada apa? Setau saya berkali-kali hasil swab hasil pemeriksaan, beberapa kali nama pasien dirahasiakan, hasil positif negatif seperti itu,” katanya kepada wartawan Sabtu.

Baca :  Tito Karnavian Pidato di Depok: Air Wudhu Tidak Membunuh Virus Corona

Aziz mengungkapkan bahwa Habib Rizieq sedang dalam keadaan baik, sehat wal afiat, bugar, tidak ada masalah terkait kesehatan.

Sementara terkait dengan hasil swab yang dilakukan oleh MER-C, Aziz enggan berkomentar banyak.

Namun dirinya mendapat pesan dari Habib Rizieq bahwa tidak mengizinkan hasil dari medical record beliau untuk dipublikasikan.

“Dan perlu di ketahui hal itu di jamin oleh undang undang. Bahkan itu merupakan hak asasi dari setiap pasien seperti itu,” ucapnya.

(Psid)

Komentar

News Feed