oleh

Kampanyekan Bangga Buatan Indonesia, Luhut: Kita Harus Optimis Lewati Badai Corona

DEMOKRASI.CO.ID – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) bersama dengan Kementerian Perindustrian meluncurkan kampanye Bangga Buatan Indonesia #SemuanyaAdaDisini. Kampanye itu dilakukan untuk menghadapi lesunya perekonomian akibat pandemik virus corona baru (Covid-19). Selain itu, untuk mengembangkan produk dalam negeri.

Acara ini dipimpin langsung oleh Menko Marves Luhut B. Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Hashtag #SemuanyaAdaDisini menunjukkan optimisme yang tinggi bahwa Indonesia mampu memproduksi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari. Bukan hanya itu, kita harus terus menjaga optimisme yang tinggi bahwa Indonesia akan semakin kuat melalui badai pandemi ini,” kata Menko Luhut dalam peluncuran kampanye yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (01/7).

Dalam peluncuran ini, Menko Luhut memaparkan bahwa Gerakan Bangga Buatan Indonesia #SemuanyaAdaDisini imerupakan bentuk gotong-royong dan solidaritas semua pemangku kepentingan. Salah satu targetnya adalah melibatkan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk masuk dalam ekosistem digital yang berkembang pesat saat masa pandemik.

Gerakan ini berupaya mengakselerasi perputaran ekonomi, menjadi sarana pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia, dan menunjukkan keberpihakan kita bagi produk-produk dalam negeri.

“Hingga akhir Juni 2020, tercatat lebih dari 600 ribu unit UMKM telah bergabung ke ekosistem digital melalui Gerakan Nasional ini, dengan target adalah dua juta unit UMKM masuk ke dalam ekosistem digital sebagaimana arahan Presiden,” ucapnya.

Melalui gerakan ini, Pemerintah juga ingin mendorong peningkatan penggunaan produksi dalam negeri dan tingkat komponen dalam negeri. Kita juga terus berupaya untuk menjaga konsumsi domestik yang menjadi pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Pemerintah harus dapat menjadi contoh dengan mengoptimalkan realisasi anggaran paket pengadaan pemerintah sebesar Rp 321 triliun bagi UMKM dari total Rp 738 triliun pada 2020 melalui sistem belanja APBN pada LKPP,” paparnya.

Selain itu, tiap pejabat di pusat dan daerah harus dapat secara nyata menunjukkan keberpihakan dan menjadi role model dengan membeli produk dalam negeri untuk kebutuhan pribadinya.

“Terima kasih Bapak Menteri Perindustrian dan Kementerian Perindustrian atas inisiatifnya meluncurkan Kampanye #SemuanyaAdaDisini sebagai wujud nyata kepedulian terhadap para pelaku IKM. Mari kita jaga dan terus kumandangkan semangat kebangsaaan. Mari terus wujudkan persatuan dan keadilan sosial dengan bangga dan beli produk-produk buatan IKM . Kita jadikan IKM tuan rumah di negerinya sendiri,” tutupnya. ,(*)