oleh

Kabar Dari Italia, Indonesia Resmi Jadi Ketua ASEAN Committe In Rome

DEMOKRASI News – Indonesia secara resmi menjabat sebagai Ketua ASEAN Committee in Rome (ACR) untuk periode Januari-Juli 2021. Penetapan dan serah terima jabatan kepemimpinan ACR ini dilakukan secara daring pada pertemuan ke-56 para Duta Besar ACR, Rabu (20/1).

Ketua ACR sebelumnya, Duta Besar Vietnam ThiBich Hue, menyerahkan kepemimpinan ACR kepada Duta Besar Indonesia Esti Andayani.

Dalam sambutannya Esti Andayani menyatakan kesiapan Indonesia untuk memikul tanggung jawab sebagai Ketua ACR.

ACR adalah organisasi yang beranggotakan 6 (enam) negara anggota ASEAN yang ada di Italia yaitu: Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand dan Vietnam. ACR adalah bagian dari organisasi ASEAN Committee in Third Countries (ACTC) yang dibentuk berdasarkan pasal 43 ASEAN Charter.

Baca :  Trump Marah-marah Ketika AS Tak Lagi Dominan Merah

“Di tengah situasi pandemi Covid-19, upaya ACR tidak akan berhenti. Banyak kerja sama yang dapat dan perlu dilakukan dengan Italia. Saya tentunya membutuhkan bantuan dan kerja sama seluruh pihak untuk menjalankan misi ACR guna semakin memperkenalkan ASEAN dan negara-negara anggota ASEAN di Italia,” ujar Esti dalam rilis resmi yang diterima Kantor Berita Politik Republik Merdeka, Kamis (21/1).

Secara khusus, menurut Esti, dengan telah disepakatinya Italia sebagai negara “Development Partner ASEAN”, menjadi tanggung jawab bersama untuk mengisi kerja sama kemitraan tersebut dengan berbagai program yang saling menguntungkan.

Komentar

News Feed