oleh

Ini Video Detik-detik Djoko Tjandra Tiba di Bandara Halim Jakarta

DEMOKRASI.CO.ID, JAKARTA – Buronan kasus pengalihan hak tagih utang (cessie) PT Bank Bali, Djoko Tjandra ditangkap di luar negeri.

Djoko Tjandra diterbangkan dari luar negeri dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Kamis (30/7) malam.

Detik-detik penjemputan Joko Tjandra disiarkan secara langsung oleh akun resmi @DivHumas_Polri.

Dalam video terlihat puluhan polisi menyambut Djoko Tjandra turun dari pesawat. Joko Tjandra tampak mengenakan baju orange dan masker. Tangannya diborgol.

Setelah turun dari pesawat, Joko Tjandra berjalan kaki ke mobil jemputan yang sudah disiapkan aparat.

Diketahui, Djoko Tjandra dinyatakan buron dan melarikan diri ke Papua Nugini setelah Mahkamah Agung (MA) menerima peninjauan kembali Kejagung terkait kasus korupsi cessie Bank Bali pada 2009 lalu.

Baca :  Jaksa yang Bertemu Djoko Tjandra Dicopot, Kejagung Telusuri Pembiaya Pelesiran ke Luar Negeri

Majelis PK MA memvonis direktur PT Era Giat Prima itu bersalah dan menjatuhkan hukuman 2 tahun pidana penjara. Selain itu, Joko Tjandra juga dihukum membayar denda Rp 15 juta serta uangnya di Bank Bali sebesar Rp 546 miliar, dirampas untuk negara.

Sehari sebelum putusan MA pada Juni 2009, Djoko diduga kabur meninggalkan Indonesia dengan pesawat carter dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Port Moresby, Papua Nugini.

Djoko kemudian diketahui telah pindah kewarganegaraan menjadi Papua Nugini pada Juni 2012.

Setelah 11 tahun buron, Djoko Tjandra dikabarkan kembali ke Indonesia. Bahkan, Djoko Tjandra mendaftarkan Peninjauan Kembali (PK) terkait perkara yang menjeratnya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada 8 Juni 2020 lalu.

Baca :  Polisi Sebut Hana Hanifah Hanya Korban dan Dipulangkan, Polisi Tetapkan R Tersangka

Simak video detik-detik penjemputan Joko Tjandra di bandara di atas.

Komentar