oleh

Informasi Orang Istana, Jokowi Akan Segera Reshuffle Kabinetnya

DEMOKRASI.CO.ID – Wacana reshuffle yang berkembang beberapa hari ke belakang, setelah Presiden Joko Widodo berpidato dengan kemarahan ke jajaran menterinya, diyakini akan segera terealisasi.
Salah satu pihak yang meyakini adanya perombakan kabinet bakal mawujud ialah Pakar Hukum dan Politik Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam.
“Saya yakin, Jokowi akan melakukan reshuflle secepatnya. Hal itu tidak dapat dipungkiri,” ujar Saiful Anam, Sabtu (4/7).
Namun, keyakinan Saiful Anam bukan tanpa dasar. Melainkan karena ia telah mendapat informasi dari  salah satu sumbernya di Istana, yang tidak mau ia sebutkan namanya, bahwa akan ada orang baru yang akan masuk ke jajaran kabinet yang akan di-reshuffle Jokowi.
“Saya mendapatkan kabar dari orang di Istana, ada beberapa orang yang akan diganti dan digeser dari pos menteri sebelumnya. Orang yang tidak mau disebut namanya itu bilang ada beberapa orang baru yang akan menduduki kursi menteri,” ungkap Saiful Anam.
Terkait jajaran menteri saat ini yang akan direshufle, berdasarkan bisikan orang Istana tersebut kepada Saiful Anam ialah, Mensos Juliari P Batubara, Menkop UKM) Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub Budi Karya Sumadi, Menkes Terawan Agus Putranto, dan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.
Selain itu, Saiful juga menyebutkan beberapa menteri lain yang kemungkinan akan dirombak atau digeser, antara lain; Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkumham Yasonna Laoly, Mendikbud Nadiem Makarim, Menparekraf Wishnutama Kusubandio, dan Menag Fachrul Razi.
Adapun untuk orang baru yang akan masuk jajaran kabinet disatu pos kementerian, dibocorkan Saiful, ialah orang yang pernah berjasa untuk Jokowi.
“Salah satunya adalah Ketua umum Relawan Jokowi atau ReJO HM Darmizal. Namun, sumber itu tidak mau menyebutkan mau jadi menteri apa,” beber Saiful Anam. (*)
Baca :  Wacana Pajak Sepeda, DPR Belum Bahas Apa pun, PAN: Mau Hidup Sehat Kok Malah Dibebani

Komentar

News Feed