oleh

HUT OPM 1 Desember, TPNPB Lakukan Upacara di 33 Markas Komando

DEMOKRASI News – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan akan ada upacara peringatan yang digelar oleh sejumlah organisasi pembebasan Papua pada hari ulang tahun OPM yang jatuh 1 Desember hari ini.

Juru Bicara (Jubir) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom mengatakan, upacara akan digelar di 33 markas Komando Daerah Pertahanan yang dia sebut dengan Kodap, yang tersebar di seluruh Papua.

“Iya. Itu sudah dari dulu kami lakukan. Akan ada 33 Kodap melakukan upacara,” kata Sebby seperti melansir cnnindonesia.com, Selasa 1 Desember 2020.

Sebby mengklaim OPM telah menggelar upacara HUT OPM selama kurang lebih 58 tahun. Biasanya, upacara diisi dengan seremoni pengibaran bendera Bintang Kejora, menyanyikan lagu kebangsaan Papua dan beberapa kegiatan lain.

Baca :  Habib Rizieq: Saya Minta Maaf Kerumunan di Bandara Bikin Resah

Tak hanya di markas Kodap, kegiatan juga dilakukan di markas-markas pusat OPM yang ada di beberapa distrik.

“Markas itu ada markas pusat dan ada markas Kodap,” kata dia.

Sebby pun meluruskan pemahaman yang selama ini menyebut 1 Desember sebagai hari lahir OPM.

Yang tepat, menurut dia, 1 Desember adalah hari saat Papua yang kala itu bernama Irian Jaya diakui sebagai cikal bakal sebuah negara. Peristiwa itu terjadi pada 1961.

“Tidak, itu bukan hari lahir OPM. Itu adalah hari di mana embrio negara Papua yang saat itu Irian Jaya diakui,” kata Sebby.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi IGN Suriastawa buka suara terkait persiapan TNI di Papua untuk antisipasi perayaan 1 Desember hari ini.

Baca :  BMKG Akan Gelar Simulasi Gempa Pulau Jawa dengan Potensi Tsunami 20 Meter

“Tidak ada antisipasi, biasa saja. Tidak ada persiapan khusus,” kata Suriastawa menjawab pertanyaan.

(Ljs)

Komentar

News Feed