oleh

Heboh Masjid Condro Jember Digembok, Pengurus: Patuhi Mazhab

DEMOKRASI News – Pengurus Masjid Condro atau Masjid Rhoudatul Muchlisin Timur, Jember, Jawa Timur, punya alasan kuat menutup dan menggembok pintu pagar masjid saat akan Salat Jumat.

Sebelumnya, heboh warga Kelurahan Kaliwates Jember tak bisa melangsungkan ibadah Salat Jumat, Jumat (5/2/2021), lantaran pintu pagar masjid ditutup dan digembok. Warga pun dibuat bingung dan sebagian memutuskan pulang.

Namun, penutupan Masjid Condro itu bukan tanpa dasar.

Perwakilan Pengurus Yayasan Rhoudatul Muchlisin, Muhammad Burhan Ramadan mengatakan, bahwa penutupan Masjid Condro telah tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor : 060/YRMC/II/2021 tentang Keputusan Nadzir dan Pengurus Yayasan Rhoudatul Muchlisin Condro perihal pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Condro.

Baca :  Gatot Brajamusti Meninggal, Kalapas Cipinang: Sudah Lama Lumpuh di Kiri

Bahwa pelaksanaan Salat Jumat dilakukan di Masjid Rhoudatul Muchlisin yang baru dibangun atau dikenal Masjid Rhoudatul Muchlisin Barat. Sedangkan Masjid yang lama, Masjid Condro, tetap bisa melangsungkan ibadah salat lima waktu dan kajian.

Selain juga tak lagi cukup luas menampung jemaah Salat Jumat, keputusan tersebut juga merujuk ketentuan sesuai Mazhab Imam Syafii.

“Karena sesuai mazhab Imam Syafii, tidak sah salat Jumat di dua masjid yang alirannya sama, atau takmirnya sama, atau pemilik (nama yayasannya) sama,” jelasnya, Sabtu (6/2/2021).

Berdasar pertimbangan tersebut, lanjut dia, kemudian sampai dilakukan aksi penggembokan Masjid Condro.

Komentar

News Feed