oleh

Gawat! Pemkot Madiun Pinjam Gerbong Kereta untuk Rawat Pasien COVID-19

DEMOKRASI News – Kapasitas Rumah Sakit yang sudah penuh membuat Pemerintah Kota atau Pemkot Madiun terpaksa meminjam gerbong kereta api untuk dijadikan tempat perawatan pasien COVID-19.

“Yang jelas karena penuhnya ruang rawat pasien COVID-19 di Madiun. Kami pinjam manfaatkan gerbong milik INKA,” kata Wali Kota Madiun, Maidi seperti dilasnir dari detikcom, Sabtu (22/1/2021).

Maidi mengatakan, ia bersama stafnya telah meninjau Emergency Medical Train (EMT) milik PT INKA yang berada di Jalan Yos Sudarso No 71, Kota Madiun. PT INKA memiliki EMT yang terdiri tiga trainset dengan total 24 gerbong.

“Nanti 18 gerbong untuk pasien dan enam gerbong untuk tenaga medis dan kesehatan. Kereta medis darurat tersebut dapat menampung 252 pasien dan 72 medis,” papar Maidi.

Baca :  Viral Salat Jenazah Dokter Positif Corona di Medan, Peti Tetap dalam Ambulans

Maidi juga menjelaskan, saat ini gerbong tersebut masih dalam persiapan fasilitas yang tidak kalah dengan ruang di RS yang penuh. Penyiapan ruang pasien COVID-19 ini, lanjut Maidi, untuk mengantisipasi hasil swab dari 150 orang yang belum keluar.

Komentar