oleh

Gatot Nurmantyo Pernah Ingatkan Serangan Senjata Biologis Tiga Tahun Lalu

DEMOKRASI News – Ancaman senjata biologis ternyata sudah diwanti-wanti mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo sejak tiga tahun lalu.

Gatot mengaku pernah memberikan informasi sesaat setelah pembukaan Konferensi Internasional dan Table Top Exercise untuk Global Health Security tahun 2017 pada 24 Oktober 2017 lalu soal ancaman mirip dengan yang saat ini terjadi, yakni pandemik Covid-19.

“Saat itu saya mengatakan kita patut mewaspadai adanya ancaman senjata biologis massal yang diciptakan untuk melumpuhkan negara lain dan berpotensi menciptakan epidemik. Hari-hari ini kita semua berjuang mengatasi epidemik Covid-19. Saya tidak menyatakan bahwa pernyataan saya 3 tahun yang lalu itu sepenuhnya tepat adanya,” ujar Gatot Nurmantyo di deklarasi maklumat Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

Menurut Gatot, pandemik Covid-19 yang saat ini menjangkit tanah air tidak mudah ditaklukkan, apalagi direspons dengan sikap yang menggampangkan.

“Apalagi jika lebih terfokus ke yang lain, yang mestinya bisa lebih dulu dikesampingkan,” tutup Gatot.

Beberapa waktu lalu, kemunculan pandemik Covid-19 banyak dikatkan dengan perang dagang antara Amerika dengan China. Bahkan beredar bahwa virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini merupakan senjata biologis yang sengaja diluncurkan.[]