oleh

Dirut RSCM: Kondisi Abu Bakar Ba’asyir Stabil, Masih Dirawat Tim Dokter

DEMOKRASI News – Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir dirawat di RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Direktur Utama RSCM Lies Dina menyatakan Abu Bakar Ba’asyir sudah dirawat sejak 24 November 2020.

“Bahwa benar Bapak Abu Bakar Ba’asyir saat ini sedang dalam proses perawatan di RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) sejak 24 November 2020 lalu karena kondisi kesehatan yang mulai menurun,” kata Dina dalam keterangannya pada Sabtu (28/11/2020).

Dina menjelaskan Abu Bakar Ba’asyir didampingi oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. Selain itu, didampingi oleh Ditjen PAS KemenkumHAM.

“Kedatangan pasien didampingi oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dan dikirimkan oleh Ditjen PAS,” ujarnya.

Baca :  Saksi: Terdakwa Tommy Sumardi Sebut Dapat Restu Kabareskrim

Menurut Dina, kondisi Abu Bakar Ba’asyir stabil. Hingga saat ini, tim dokter RSCM masih terus melakukan perawatan dan pemantauan kesehatan terhadap terpidana kasus terorisme itu.

“Kondisi pasien relatif stabil dan masih dalam perawatan oleh tim dokter RSCM sesuai penyakitnya serta akan tetap dipantau secara terus menerus yang merupakan tanggung jawab RSCM dalam melayani masyarakat yang datang berobat,” tuturnya.

Dina menyebut pihak RSCM hanya bertugas untuk melayani kesehatan Abu Bakar Ba’asyir. Ia menegaskan tugas penjagaan terhadap yang bersangkutan merupakan tugas dari kementerian dan institusi terkait.

“Kami laksanakan layanan kesehatannya. Untuk penjagaan dan hal lain terkait kewenangan khusus lainnya tentu oleh kementerian atau institusi terkait,” imbuhnya.

Baca :  Bentrokan Pecah! Gema Revolusi Menggaung di Depan Istana Kepresidenan Bogor

Penjelasan Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Divisi Pas Kanwil) Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) mengenai Abu Bakar Ba’asyir. Baca di halaman selanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kadiv Pas Kanwil) Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Abdul Aris mengonfirmasi kabar kondisi kesehatan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir menurun. Abdul mengungkapkan Ba’asyir saat ini sedang menjalani perawatan di RSCM, Jakarta Pusat.

“Dibawa ke RSCM sejak tanggal 24 November,” ujar Abdul saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (27/11).

Abdul menyebut ada tim yang mengawal Ba’asyir selama menjalani perawatan di RSCM. Salah satu tim yang menjaga berasal dari Densus 88.

Baca :  Habib Rizieq Kalah di Sidang Praperadilan, Polisi: Dua Alat Bukti Ini Sudah Membuktikan

“Ada pengawalan dari Lapas dan anggota Densus 88,” terang Abdul.

Menurut Abdul, Ba’asyir menderita beberapa penyakit. Ba’asyir sempat menderita demam tinggi.

“Sakitnya komplikasi. Lima hari, tempo hari demam tinggi, nyeri kepala, dan radang,” ungkap Abdul.

(Dtk)

Komentar

News Feed