oleh

China Uji Coba Rudal Balistik Di Laut China Selatan, AS Kirim Kapal Perusak USS Mustin

DEMOKRASI News – Kapal perang Amerika Serikat, USS Mustin, berlayar di dekat Kepulauan Paracel, Laut China Selatan yang disengketakan dengan Vietnam.

Pengerahan kapal perang Angkatan Laut AS tersebut dilakukan sehari setelah China menembakkan rudal balistik di kawasan tersebut sebagai bagian dari latihan militer dari 23 hingga 29 Agustus 2020.

Mengutip AFP pada Jumat (28/8), Armada Pasifik Angkatan Laut AS mengatakan, USS Mustin merupakan kapal perusak berpeluru kendali dan sudah dikerahkan sejak Kamis (27/8) untuk memastikan kebebasan navigasi di perairan internasional.

Tindakan AS tersebut disebut China sebagai upaya menantang dan mengobarkan ketegangan antara Beijing dan Washington.

Pada Jumat, militer China menuduh kapal AS sudah memasuki perairan teritorialnya tanpa izin.

Baca :  12.000 Tentara Amerika Sudah Tiba di Laut China Selatan, China Takut

“Pasukan China melacak kapal perang itu dan kemudian memperingatkannya untuk pergi,” ujar jurubicara militer China, Li Huamin.

Sebelumnya, Departemen Pertahanan AS mengutuk uji coba peluncuran empat rudal balistik yang dilakukan oleh China. Pentagon mengatakan aksi tersebut telah mengancam perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan Laut China Selatan.

Tindakan China, termasuk uji coba rudal, semakin mengguncang situasi di Laut China Selatan,” ujar Pentagon.

Pentagon menegaskan, latihan militer China di Laut China Selatan telah melanggar hukum dan merugikan negara-negara Asia Tenggara. Pasalny klaim China di Laut China Selatan telah mengambil wilayah yang diklaim oleh Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei.(rmol)

Komentar

loading...

News Feed