oleh

CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Bukan Divaksin Corona, Tapi Disuntik Vitamin?

DEMOKRASI News – Beredar narasi yang menyebutkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi tidak disuntikkan vaksin Covid-19 melainkan hanya disuntik vitamin saat mendapatkan vaksinasi pertama di Indonesia.

Informasi tersebut disebarkan dan dibagikan oleh pengguna akun facebook bernama Fatima Mamonto Potabuga pada Rabu(13/1/2021) lalu.

Unggahan tersebut berisi narasi:

“AU eee Dia bilang Cuma bi Vitamin itu ad kase suntik pa Jokowi.. Supya torang kata mo Suka VAKSIN. BLUM STAWWW EE pokoknya jang suka au. POLAGUI..,” tulis keterangan unggahan tersebut.

Secara garis besar Fatima Mamonto Potabuga dalam unggahannya itu menyebut bahwa Presiden Jokowi tidak disuntikkan vaksin Covid-19 melainkan hanya disuntik vitamin.

Namun dalam pemberitaan media disebutkan bahwa Presiden Jokowi telah disuntikkan vaksin Covid-19 agar masyarakat mau divaksinasi.

Baca :  Sebut Jokowi Sedang Hibur Diri, Pakar UNJ: Kasihan Rakyat Terlalu Banyak Berharap

Tampak pula sebuah foto seorang laki-laki yang terlihat kurus tanpa mengenakan baju dan foto Presiden Jokowi saat disuntikkan vaksin.

Unggahan di Facebook yang menyebut Jokowi disuntikkan vitamin bukan vaksin Covid-19 (turnbackhoax.id)

Unggahan tersebut lantas mendapatkan 222 suka dan 92 komentar.

Lantas, benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN
Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, kabar yang menyebutkan Presiden Jokowi disuntik vitamin bukan vaksin Covid-19 adalah klaim yang tidak benar.

Bahkan dibeberapa media sosial, menjelaskan bahwa Presiden Jokowi disuntikkan cairan vitamin B, dan disumber lainnya menyebut bahwa itu adalah vitamin C.

Faktanya proses vaksinasi yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden RI telah menunjukkan vial dan kemasan vaksin Covid-19 merek Sinovac buatan perusahaan China sebelum disuntikkan pada Presiden Jokowi.

Baca :  Eks Mensos Terkejut dengan Hasil Blusukan Risma

Tampak pula Wakil Ketua Dokter Kepresidenan, Abdul Muthalib yang menjadi vaksinator memperlihatkan kembali vial vaksin sebelum dibuka dan sesudah disuntikkan.

Komentar

News Feed