oleh

Calon Kapolri Baru Tegaskan Bakal Hidupkan Kembali Pam Swakarsa

DEMOKRASI News – Calon tunggal Kepala Kepolisian Indonesia (Kapolri), Komjen Listyo Sigit Prabowo menegaskan bakal menghidupkan kembali pasukan pengamanan masyarakat atau Pam Swakarsa.

Menurut Komjen Listyo Sigit, dihidupkan kembali Pam Swakarsa sebagai upaya untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas.

Demikian hal tersebut disampaikan jenderal bintang tiga yang kini masih menjabat Kepala Bareskrim Polri itu saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit and Proper Test calon Kapolri.

“Pam Swakarsa harus lebih diperanaktifkan untuk mewujudkan Kamtibmas. Jadi, kita hidupkan kembali,” kata Komjen Listyo Sigit di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu (20/1/2021).

Listyo Sigit menjelaskan, nantinya Pam Swakarsa yang dihidupkan kembali itu akan terkoneksi dengan kepolisian.

Baca :  Natalius Pigai: Menolak Vaksin adalah Hak Asasi Rakyat!

Selain menghidupkan kembali Pam Swakarsa, Sigit juga akan menjajaki kerja sama internasioanl guna mewujudkan Kamtibmas dari kejahatan transnasional.

“Pemeliharaan kamtibmas juga dilakukan melalui pengembangan kerja sama internasional, baik pengamanan batas wilayah, pencegahan kejahatan transnasional, dan juga dalam misi perdamaian dunia,” ujarnya.

Seperti diketahui, istilah Pam Swakarsa sebelumnya pernah muncul pada 1998. Kelompok sipil ini kali pertama dibentuk atas perintah Wiranto yang kala itu menjabat Panglima ABRI. Tujuannya, membendung protes atas Sidang Istimewa MPR 1998.

Komentar