oleh

Bukan Nursaman, Ini Kastubi Tunawisma yang Ditemui Risma dan Jadi Viral

DEMOKRASI News – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma sempat menemui salah seorang tunawisma di Jakarta Pusat, yang kemudian momennya banyak dibicarakan bahkan menjadi viral. Lalu ada sosok yang mengaku sebagai tunawisma tersebut, yaitu Nursaman. Namun penelusuran kami menemukan sosok itu bukanlah tunawisma viral yang ditemui Risma.

detikcom menelusuri informasi soal keberadaan tunawisma tersebut. Ada dua informasi yang diterima. Informasi pertama pria tua tersebut di Jalan Minangkabau, Setiabudi, Jakarta Selatan. Lokasi di informasi pertama ini sebenarnya agak jauh dari lokasi pertemuan dengan Risma, yaitu di Pasar Baru. Informasi kedua menyebut pria itu ada di Balai Rehabilitasi Sosial eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi.

Di Jalan Minangkabau, kami bertemu dengan Nursaman. Memang rambutnya mirip dengan pria di foto yang viral, namun perawakannya berbeda. Nursaman tampak segar. Tubuhnya juga terlihat berisi.

Baca :  Virus Corona Menyerang KPU, Puluhan Pegawai Tertular

Nursaman diperlihatkan foto rilis Kementerian Sosial (Kemensos) perihal blusukan Risma ke Jalan MH Thamrin-Sudirman-Pasar Baru, Jakpus, Senin (4/1). Foto tersebut menunjukkan Risma sedang berbincang dengan pria gondrong berambut putih yang didata Kemensos bernama Kastubi. Nursaman mengaku sebagai pria yang sedang duduk di atas kardus memakai baju krem, celana panjang cokelat, dan topi adalah dirinya.

“Celana Levi’s, kaus, gambar ini, gambar (di baju) Bali, ini bener saya ini. Ini benar saya ini. Ini kan Bu Risma (perempuan berbaju putih menghadap belakang), tapi nggak pernah ngobrol. Nggak ngobrol, lihat doang (Bu Risma menghadap saya). Ini saya habis tidur nih. Ini kan kardus, kardus saya, gelar kardus, ini bantal, bantalnya juga dari karung masuk-masukkin busa di situ,” kata Nursaman, Kamis (7/1/2021).

Baca :  Teddy Gusnaidi Kritik Mensos: Bu Risma, Anda Itu Bukan Menteri Jakarta

Keterangannya terasa janggal, karena dalam video yang dirilis Kemensos, tampak jelas Risma dan Kastubi berbincang. Tambah janggal, Nursaman mengenakan cincin, gelang, dan kalung. “Ini cincin nggak pernah saya lepas dari tahun ’90-an,” ujar Nursaman meyakinkan.

Keterangannya menambah kejanggalan, karena di foto yang ada di rilis Kemensos tak ada aksesori tersebut.

Nursaman juga membantah namanya Kastubi, seperti data Kemensos. Dia lalu memperlihatkan KTP-nya. Dia menegaskan namanya adalah Nursaman dan biasa dipanggil Nur.

“Salah, saya namanya ini. Nih nama saya nih, Nursaman, tanggal lahir, 1951, (lahir di Indramayu). Minangkabau, alamat saya sekarang,” tuturnya. Jalan Minangkabau dan lokasi Risma bertemu tunawisma gondrong itu cukup jauh. Pertemuan terjadi di Pasar Baru.

Baca :  Gurubesar UI: Wamenkes Dante Saksono Bisa Jadi Sebuah Harapan Di Tengah Pandemi

Nursaman kembali ditanya tentang pertemuannya dengan Risma, untuk menegaskan isi perbincangannya dengan mantan Wali Kota Surabaya itu. Namun dia kembali menuturkan dia tidak berbincang dengan Risma.

“Pengin juga sih diajak ngobrol, ya saya kalau dia ajak ngobrol saya mau minta bantuan, maksudnya bantuan satu, keahlian saya kan tambal ban. Bantuan buat beli mesin itu aja kompresor satu. Kalau bisa kan, belum sempat ngomong kan saya sama Ibu (Risma),” tuturnya.

Komentar