oleh

Bocah 13 Tahun Tersangka Kecelakaan di Bantul, Polisi Upayakan Diversi

DEMOKRASI News – Polisi menetapkan sopir mobil bocah usia 13 tahun sebagai tersangka kecelakaan maut yang melibatkan enam motor hingga menewaskan seorang pemotor di Bantul. Polres Bantul mengupayakan proses diversi karena tersangka di bawah umur.

“Hari ini sudah kita lakukan pemeriksaan (terhadap tersangka),” kata Kanit Laka Satlantas Polres Bantul Iptu Maryono saat dihubungi wartawan, Selasa (2/2/2021).

Dalam pemeriksaan tersebut, Maryono menyebut tersangka didampingi orang tuanya dan lembaga bantuan hukum dalam hal ini lembaga perlindungan anak. Hal itu karena tersangka masih di bawah umur.

“Bahwa tersangka atau anak yang sedang berhadapan dengan hukum ini juga kita ajukan permohonan ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas II Wonosari Gunungkidul dan kita siapkan lembaga bantuan hukum dari lembaga perlindungan anak Yogyakarta untuk mendampingi dalam pemeriksaan,” jelasnya.

Baca :  Heboh Jadi Cepu Polisi, Nikita Mirzani Akui Punya Bekingan

Selanjutnya polisi akan mengajukan permohonan penelitian ke Bapas. Selain itu, penyidik akan mengupayakan diversi. Yakni pengalihan penyelesaian perkara dari proses peradilan ke proses di luar peradilan pidana.

“Dan lanjut kita ajukan permohonan penelitian ke Bapas karena anak tersebut masih berusia 13 tahun, ya masih di bawah umur. Sehingga karena sangkaan kita pasal 310 ayat 4 dan 2 di situ hukuman maksimal 6 tahun dan denda Rp 12 juta sehingga penyidik wajib mengupayakan upaya diversi di penyidikan apabila beberapa hal bisa diselesaikan dengan musyawarah,” ujar Maryono.

Komentar