oleh

BMKG Paparkan Prakiraan Cuaca Sepekan ke Depan, Waspada Banjir!

DEMOKRASI News – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek masih dalam puncak musim penghujan. Kondisi ini diperkirakan sampai awal Maret 2021. BMKG pun mengimbau warga untuk waspada banjir.

“Saat ini sebagian besar Indonesia termasuk Jabodetabek masih berada dalam periode puncak musim hujan. Hujan dengan instesitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi pada periode ini yang diprakirakan berlangsung sampai akhir Februari atau sampai awal Maret,” kata Dwikorita, dalam konferensi persnya secara virtual, Sabtu (20/2/2021).

Ia menambahkan, untuk periode sepekan ke depan wilayah Jabodetabek pada umumnya akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Dirincinya, hari ini masih berpotensi diguyur hujan intensitas lebat.

“Hari ini prediksi kami ada peningkatan curah hujan jadi warna hijau sekarang jadi kuning. itu terjadi peningkatan hujan dapat berkembang menjadi lebat. Hampir di wilayah Jabodetabek,” jelasnya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda 21 Wilayah di Indonesia, Berikut Lokasinya

Kemudian, esok hari diprakirakan intensitas hujan menurun menjadi ringan. Namun, kembali harus diwaspadai pada tanggal 23-34 Februari 2021 karena berpotensi hujan lebat kembali meningkat.