oleh

Beredar Video Karyawan Lion Air Nangis Berpelukan, Disebut 3.000 Karyawan Kena PHK, Ini Faktanya

DEMOKRASI.CO.ID – Video puluhan karyawan Lion Air tengah berpelukan sambil menangis beredar di media sosial.

Video tersebut viral di media sosial. Penyebar video menyebut 3.000 karyawan Lion Air kena pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Kasihan mereka. 3000 karyawan Lion Air resmi di PHK. Isak tangis di antara mereka hingga mereka berpelukan. Yg sabar ya,” tulis akun @kharimakharima1 yang mengunggah video tersebut.

Cuitan @kharimakharima1 diretweet oleh mantan Sekretaris BUMN, Said Didu pada Minggu (5/7/2020).

Maskapai Lion Air membantah melakukan PHK massal. Lion Air mengklaim hanya tidak memperpanjang kontrak karyawan.

Menurut Lion Air, masa kerja kontrak karyawan telah berakhir. Masa kontraknya tidak diperpanjang karena perusahaan tengah kesulitan akibat pandemo Covid-19.

Baca :  Kebakaran Di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Di Mesir , Tujuh Pasien Meninggal

“Bukan pemutusan hubungan kerja (PHK), jadi pengurangan tenaga kerja berdasarkan masa kontrak kerja berakhir dan tidak diperpanjang,” kata Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, pada Kamis (2/7/2020).

Danang menjelaskan total karyawan Lion Air Group sekitar 29 ribu orang. Sebanyak 2.600 karyawan telah habis masa kontraknya dan tidak diperpanjang.

“Lion Air Group sedang berada di masa sulit dan menantang, atas kondisi terbentuk dari akibat Covid-19 serta memberikan dampak luar biasa yang mengakibatkan situasi penuh ketidakpastian,” kata Danang.

Menurut Danang, keputusan berat tersebut diambil dengan tujuan utama sebagai strategi sejalan mempertahankan kelangsungan bisnis dan perusahaan tetap terjaga, merampingkan operasi perusahaan, mengurangi pengeluaran dan merestrukturisasi organisasi di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal sebagai dampak pandemi Covid-19.

Baca :  Satu Unit Mobil Mercy Berplat Merah Terbakar Di Depan Gedung Perwari Menteng

Dikatakan Danang, apabila di waktu mendatang kondisi perusahaan kembali pulih dan lebih baik secara bisnis, maka karyawan yang tidak diperpanjang kontrak kerjanya akan diprioritaskan untuk memiliki kesempatan kembali bekerja di Lion Air Group. [ps]

Komentar

News Feed