oleh

Anggap Fadli Zon Tepat Jadi Menteri, Rocky Gerung Khawatir KSP Cemburu

DEMOKRASI News – Berembus kabar bahwa anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon, bakal menggantikan Edhy Prabowo di posisi menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) setelah sang mantan menteri ditetapkan tersangka oleh KPK atas kasus suap benih lobster.

Pengamat politik Rocky Gerung pun menganggap bahwa pilihan tersebut sudah tepat.

Terlepas dari persoalan moral, ia mengatakan, jatah Gerindra memang harus dipenuhi karena secara elektoral posisi di kabinet dibagi berdasarkan partai politik.

“Kalau itu yang terjadi, ya memang Fadli Zon yang paling pas, gitu kan? Dari segi keahlian, pengetahuan tentang etika kabinet, tetapi saya menganggap bahwa permainan semacam ini seharusnya diputuskan secepat-cepatnya oleh Prabowo,” ujar Rocky Gerung dalam tayangan pada Senin (30/11/2020) di kanal YouTube Rocky Gerung Official.

Baca :  Kewajiban 30 Persen Kawasan Hutan Hilang: Ditetapkan Habibie, Dihapus Jokowi

Namun jika benar Fadli Zon menjadi menteri, Rocky Gerung memprediksi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merasa cemas.

“Jokowi mungkin juga menganggap, ‘wah jangan Fadli Zon yang dikirim Gerindra. Itu terlalu liar kalau di kabinet, bisa dia merambat ke semua bidang.’ Itu kecemasan Jokowi mungkin, tapi Jokowi enggak bisa ucapkan itu karena dia menunggu sinyal dari Prabowo,” jelas dia.

Sebagai sahabat, Rocky Gerung mengaku tahu betul watak Fadli Zon. Menurutnya, Fadli Zon adalah sosok yang cukup keras dan bahkan berpotensi membuat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan kewalahan.

“Saya kenal Fadli Zon sudah berabad-abad. Wataknya itu enggak bisa ditundukkan. Ya dia bisa jadi liar. Dia bisa ikut-ikutan nanti ngatur-ngatur KSP segala macam,” ungkap alumnus Ilmu Filsafat Universitas Indonesia (UI) itu.

Baca :  LP3ES: Marah Jokowi dengan Kinerja Menteri Tak Berpengaruh, Ekonomi Makin Tak Efisien

“Bagus juga, saya juga senang, ada variasi, dinamika baru di kabinet kalau Fadli Zon masuk. Pasti Luhut enggak mampu mengendalikan Fadli Zon karena ini soal watak dan perangai,” sambungnya.

Ia kemudian kembali menegaskan bahwa Fadli Zon adalah pilihan yang pas untuk masuk ke kabinet jika Gerindra ingin memulihkan nama dan menegakkan kembali integritasnya.

Hanya saja, Partai Golkar dan Nasdem, menurut Rocky Gerung, bisa jadi ketar-ketir karena isu-isu publik bakal dirambah Fadli Zon.

Ia membayangkan, dampaknya, setiap hari publik disodori sorotan kamera pada Fadli Zon dan Menteri Pertahanan Prabowo.

Tak hanya itu, Rocky Gerung juga mengungkapkan, bahkan Kantor Staf Presiden (KSP) juga bakal “cemburu” karena dampak tersebut.

Baca :  PDIP Dorong Kemendagri Evaluasi Anies Usai Temui Rizieq

“Nanti KSP juga cemburu nih karena kamera pasti akan ke situ. Bertanya tentang reshuffle, Fadli Zon. Isu di KSP, Fadli Zon. Pariwisata, Fadli Zon. pDia bisa jawab semua, apalagi pendidikan juga dia ngerti. Ini soal mencemburui kamera publik sebetulnya,” tuturnya.[Sc]

Komentar

News Feed