oleh

Anak Jokowi Jadi Jagoan PDIP, Demokrat: Pilkada Harusnya Mengedepankan Moral Politik

DEMOKRASI.CO.ID, JAKARTA – Penunjukan para jagoan PDI Perjuangan di Pilkada Serentak 2020 bukan masalah bagi Partai Demokrat. Siapapun yang diusung pasti dihormati karena merupakan wilayah dari masing-masing partai.

Politisi Partai Demokrat Herman Khaeron bahkan tidak masalah PDIP menunjuk Gibran Rakabuming Raka sebagai kandidat di Solo.

Namun demikian, dia menyoroti adanya korelasi antara kandidat dengan pemimpin yang tengah berkuasa di negeri ini.

“Kalau terkait Gibrannya sih enggak ada masalah, siapapun gitu ya. Tapi korelasi antara kekuasaan dengan seorang kandidat itu ya tentu menjadi tidak korelasi dengan demokrasi,” ujar Herman kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (19/7).

Demokrat, sambungnya, hanya bisa pasrah dengan pilihan satu kandidat cakada di Kota Solo tersebut. Lantaran partai besutan SBY itu tidak memiliki kursi di parlemen daerah.

Baca :  Diminta Terapkan juga PSBB Skala Mikro, Pengamat: New Normal Pemerintah adalah Malapetaka!

Sehingga niat memunculkan sosok atau kader untuk melawan Gibran tidak bisa dilakukan.

“Demokrat kalau tidak salah tidak ada kursi di Solo ya, kalau tidak salah nol persen,” paparnya.

Legislator dari Fraksi Demokrat ini menambahkan seharusnya dalam Pilkada 2020 mengedepankan demokrasi agar moral politiknya dapat dipertanggungjawabkan.

“Kalau sudah di pilkada, ini semestinya kita mengedepankan tanggung jawab moral politik. Supaya, kalau pimpinan itu kan menjadi contoh masyarakat,” tutupnya. [rmol]

Komentar