oleh

Ahli Bahasa: Tweet Abu Janda Untuk Pigai Menyinggung Evolusi Manusia Dan Berisi Kebencian

DEMOKRASI News – Diksi “evolusi” dalam tweet Permadi Arya yang ditujukan kepada mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mengarah kepada “evolusi manusia”.

Hal itu disampaikan ahli bahasa Indonesia dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Krisnajaya.

Krisna menjelaskan, pada tweet yang berbunyi “Sudah selesai evolusi belum kau?” kata “evolusi” mengacu kepada kata ganti orang, yakni “kau”. Di mana makna leksikalnya adalah “diri manusia yang mengalami proses perubahan perlahan-lahan dari suatu muasal”.

Penggunaan secara sekuensial dalam satu kalimat dari kata “evolusi” dan “kau” tersebut memiliki tautan makna bahwa orang yang diajak bicara (yaitu “kau”) adalah manusia yang lazim mengalami proses evolusi, sehingga ditanya si penanya merasa perlu bertanya dengan kalimat “Sudah selesai evolusi belum kau?”.

Baca :  Natalius Pigai Bela Ceramah Ustad Tengku Zulkarnain: Mewakili Perasaan Mayoritas Luar Jawa, Ini Justice!

Dalam konteks percakapan saat ini, ketika seseorang membaca kata “evolusi”, bersamaan dengan penggunaan kata ganti “kau” (sebagai insan) maka skemata pembaca dapat dengan mudah mengacu kepada frasa “evolusi manusia”.

“Adapun unsur makna evolusi manusia itu sebagai pengetahuan umum adalah proses perubahan secara perlahan-lahan dari hewan (yaitu kera atau monyet) menjadi manusia. Penggunaan kata evolusi tersebut memiliki perikutan makna evolusi manusia,” kata Kisnajaya dalam keteranganya, Kamis (4/2).

Komentar